WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 12 Februari 2019

FIELD TRIP GOES TO WEST SUMATRA

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....

Jadi, pada postingan kali ini saya akan membagikan sedikit cerita tentang kegiatan "Field Trip" saya yang merupakan acara tahunan bagi setiap murid kelas 9.

Kegiatan ini dimulai pada hari Jum'at 25 Januari 2019 yang merupakan hari keberangkatan dari Duri menuju Sumatra Barat. Setiap murid diminta hadir di lapangan sanggar pada pukul 7.30 pagi. Para murid akan berkumpul dan menaiki bus masing-masing yang telah ditetapkan. Total ada 8 bus. Setiap bus memiliki dua pendamping. Setelah semua berkumpul, maka kami mulai berangkat menuju Sumatra Barat. Kami menempuh perjalanan yang panjang dan lama. Dalam perjalanan, kami berhenti beberapa kali, untuk mengisi bensin atau sekedar ke toilet. Ketika tiba waktu dzuhur, kami berhenti di sebuah musholla yang bersebelahan dengan sebuah rumah makan untuk melaksanakan sholat dzuhur dan makan siang. Setelah beberapa saat, kami kembali melanjutkan perjalanan.

Perjalanan yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang lama. Ketika sudah beberapa saat kami dalam perjalanan, kami singgah sebentar di Objek Wisata Bukit Kelinci. Ketika hari sudah sore dan waktu sholat maghrib akan tiba, kami kembali berhenti untuk makan malam dan bersiap melaksanakan sholat maghrib di sebuah rumah makan. Rumah makan tersebut memiliki bangunan yang bagus dan bersih, serta memiliki kolam ikan yang sangat indah. Selain itu, arsitekturnya yang sangat indah juga menambah nilai plus bagi rumah makan tersebut. Kami menghabiskan waktu lumayan lama di rumah makan tersebut. Selanjutnya, kami meneruskan perjalanan menuju tempat penginapan, yakni Asrama IPDN yang terletak di kota Baso. Kami sampai di penginapan sekitar jam 9 malam lewat. Setelah sampai, kami dipersilahkan untuk membersihkan diri dan istirahat untuk melanjutkan kegiatan inti pada esok hari. Setiap kamar diisi oleh dua orang murid yang telah disepakati.

Setelah  selesai membersihkan diri, saya dan teman sekamar saya melanjutkan untuk tidur, dikarenakan perjalanan panjang yang membuat kami kelelahan. Pada pukul 04.30 kami bangun untuk melaksanakan sholat shubuh dan mandi, serta bersiap untuk berangkat menuju tempat kegiatan kami. Kegiatan kami akan dilaksanakan di Nagari Padang Siakek. Kami berkumpul di lobi dan menuju bus masing-masing. Ketika di dalam bus, sarapan pun dibagikan. Kami makan bersama masing-masing anggota bus kami. Setelah selesai sarapan, sekitar pukul 8.00 kami mulai berangkat ke tempat kegiatan kami akan dilaksanakan. Setelah 30 menit, kami sampai di Nagari Padang Siakek. Kami berkumpul di ruang serba guna daerah tersebut dan disambut hangat oleh wali nagari serta masyarakat setempat. Setelah itu, kami pun bersiap untuk berangkat ke tempat kegiatan kami. Khusus untuk murid-murid perempuan menuju ke sawah, dan khusus murid laki-laki menuju tempat pembuatan songket.

Kami pun berangkat menuju tempat kegiatan. Saya dan murid perempuan lain menuju sawah. Di sana kami melakukan praktikum IPA dengan mengambil sempel tanah dan menganalisanya. Setelah itu, kami belajar membajak sawah dan menanam sawah. Setelah itu kami pun menuju sebuah kolam untuk membersihkan tangan dan kaki. Selanjutnya, kami pergi ke sebuah masjid dan membersihkan diri serta mengganti baju kami di toilet masjid tersebut. Setelah semua selesasi, kami menuju tempat selanjutnya. Yakni tempat pembuatan songket. Di sana, kami belajar cara dan teknik pembuatan songket. Kami juga mewawancarai beberapa narasumber yang merupakan para pengrajin songket sebagai sumber untuk mengisi LKS yang telah diberikan guru. Selanjutnya, kami kembali lagi ke masjid tempat kami membersihkan diri untuk melaksanakan sholat dzuhur berjama'ah. Setelah melaksanakan sholat dzuhur, kami kembali ke ruang serba guna untuk makan siang. Selanjutnya kami pun bersiap menuju kebun jeruk dan strawberry,

Dari tempat kami berkumpul membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai kebun tersebut. Di sana kami belajar cara membudidayakan tanaman jeruk dan strawberry. Kami juga menikmati pemandangan yang indah sekali. Setelah beberapa saat, kami kembali lagi ke ruang serba guna untuk bersiap menuju tempat penginapan kami. Pada saat kami menunggu rombongan lain tiba di ruang serba guna terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Dikarenakan hal tersebut, kami menunggu sedikit waktu sampai kami berangkat menuju penginapan.

Setelah sampai di penginapan, kami bersih-bersih diri dan melaksanakan sholat serta makan malam di ruang makan asrama. Setelah itu, kami kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat dan melengkapi LKS yang belum lengkap. Selanjutnya kami pun tidur untuk mengisi energi. Keesokannya, kami bangun pukul 04.30 untuk melaksanakan sholat shubuh dan mandi. Setelah itu kami membereskan barang-barang kami yang ada di kamar karena pagi itu kami akan check out dari asrama. Setelah selesai membereskan barang dan merapikan kamar, kami pun mengumpulkan barang-barang kami untuk dimasukkan ke dalam bagasi bus. Selanjutnya, kami sarapan pagi di ruang makan asrama. Setelah sarapan kami pun berangkat menuju tempat wisata Jam Gadang yang ada di Bukittinggi. Setelah sampai di Jam Gadang kami pun dibebaskan untuk berjalan-jalan di sekitar Jam gadang dan berbelanja oleh-oleh. Kami di beri waktu sekitar 3 jam. Setelah waktu habis, kami berkumpul kembali di bus masing-masing dan berangkat pulang menuju Duri. Ketika dalam perjalanan, kami menghabiskan waktu dengan bercerita dan bernyanyi ria. Ketika perjalanan ke Duri, kami singgah sebentar membeli sanjay di Payakumbuh. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Duri. Kami sampai di Duri pada pukul 02.30 malam. Kami pun kembali pulang menuju rumah masing-masing.