WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 12 Februari 2019

FIELD TRIP GOES TO WEST SUMATRA

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....

Jadi, pada postingan kali ini saya akan membagikan sedikit cerita tentang kegiatan "Field Trip" saya yang merupakan acara tahunan bagi setiap murid kelas 9.

Kegiatan ini dimulai pada hari Jum'at 25 Januari 2019 yang merupakan hari keberangkatan dari Duri menuju Sumatra Barat. Setiap murid diminta hadir di lapangan sanggar pada pukul 7.30 pagi. Para murid akan berkumpul dan menaiki bus masing-masing yang telah ditetapkan. Total ada 8 bus. Setiap bus memiliki dua pendamping. Setelah semua berkumpul, maka kami mulai berangkat menuju Sumatra Barat. Kami menempuh perjalanan yang panjang dan lama. Dalam perjalanan, kami berhenti beberapa kali, untuk mengisi bensin atau sekedar ke toilet. Ketika tiba waktu dzuhur, kami berhenti di sebuah musholla yang bersebelahan dengan sebuah rumah makan untuk melaksanakan sholat dzuhur dan makan siang. Setelah beberapa saat, kami kembali melanjutkan perjalanan.

Perjalanan yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang lama. Ketika sudah beberapa saat kami dalam perjalanan, kami singgah sebentar di Objek Wisata Bukit Kelinci. Ketika hari sudah sore dan waktu sholat maghrib akan tiba, kami kembali berhenti untuk makan malam dan bersiap melaksanakan sholat maghrib di sebuah rumah makan. Rumah makan tersebut memiliki bangunan yang bagus dan bersih, serta memiliki kolam ikan yang sangat indah. Selain itu, arsitekturnya yang sangat indah juga menambah nilai plus bagi rumah makan tersebut. Kami menghabiskan waktu lumayan lama di rumah makan tersebut. Selanjutnya, kami meneruskan perjalanan menuju tempat penginapan, yakni Asrama IPDN yang terletak di kota Baso. Kami sampai di penginapan sekitar jam 9 malam lewat. Setelah sampai, kami dipersilahkan untuk membersihkan diri dan istirahat untuk melanjutkan kegiatan inti pada esok hari. Setiap kamar diisi oleh dua orang murid yang telah disepakati.

Setelah  selesai membersihkan diri, saya dan teman sekamar saya melanjutkan untuk tidur, dikarenakan perjalanan panjang yang membuat kami kelelahan. Pada pukul 04.30 kami bangun untuk melaksanakan sholat shubuh dan mandi, serta bersiap untuk berangkat menuju tempat kegiatan kami. Kegiatan kami akan dilaksanakan di Nagari Padang Siakek. Kami berkumpul di lobi dan menuju bus masing-masing. Ketika di dalam bus, sarapan pun dibagikan. Kami makan bersama masing-masing anggota bus kami. Setelah selesai sarapan, sekitar pukul 8.00 kami mulai berangkat ke tempat kegiatan kami akan dilaksanakan. Setelah 30 menit, kami sampai di Nagari Padang Siakek. Kami berkumpul di ruang serba guna daerah tersebut dan disambut hangat oleh wali nagari serta masyarakat setempat. Setelah itu, kami pun bersiap untuk berangkat ke tempat kegiatan kami. Khusus untuk murid-murid perempuan menuju ke sawah, dan khusus murid laki-laki menuju tempat pembuatan songket.

Kami pun berangkat menuju tempat kegiatan. Saya dan murid perempuan lain menuju sawah. Di sana kami melakukan praktikum IPA dengan mengambil sempel tanah dan menganalisanya. Setelah itu, kami belajar membajak sawah dan menanam sawah. Setelah itu kami pun menuju sebuah kolam untuk membersihkan tangan dan kaki. Selanjutnya, kami pergi ke sebuah masjid dan membersihkan diri serta mengganti baju kami di toilet masjid tersebut. Setelah semua selesasi, kami menuju tempat selanjutnya. Yakni tempat pembuatan songket. Di sana, kami belajar cara dan teknik pembuatan songket. Kami juga mewawancarai beberapa narasumber yang merupakan para pengrajin songket sebagai sumber untuk mengisi LKS yang telah diberikan guru. Selanjutnya, kami kembali lagi ke masjid tempat kami membersihkan diri untuk melaksanakan sholat dzuhur berjama'ah. Setelah melaksanakan sholat dzuhur, kami kembali ke ruang serba guna untuk makan siang. Selanjutnya kami pun bersiap menuju kebun jeruk dan strawberry,

Dari tempat kami berkumpul membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai kebun tersebut. Di sana kami belajar cara membudidayakan tanaman jeruk dan strawberry. Kami juga menikmati pemandangan yang indah sekali. Setelah beberapa saat, kami kembali lagi ke ruang serba guna untuk bersiap menuju tempat penginapan kami. Pada saat kami menunggu rombongan lain tiba di ruang serba guna terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Dikarenakan hal tersebut, kami menunggu sedikit waktu sampai kami berangkat menuju penginapan.

Setelah sampai di penginapan, kami bersih-bersih diri dan melaksanakan sholat serta makan malam di ruang makan asrama. Setelah itu, kami kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat dan melengkapi LKS yang belum lengkap. Selanjutnya kami pun tidur untuk mengisi energi. Keesokannya, kami bangun pukul 04.30 untuk melaksanakan sholat shubuh dan mandi. Setelah itu kami membereskan barang-barang kami yang ada di kamar karena pagi itu kami akan check out dari asrama. Setelah selesai membereskan barang dan merapikan kamar, kami pun mengumpulkan barang-barang kami untuk dimasukkan ke dalam bagasi bus. Selanjutnya, kami sarapan pagi di ruang makan asrama. Setelah sarapan kami pun berangkat menuju tempat wisata Jam Gadang yang ada di Bukittinggi. Setelah sampai di Jam Gadang kami pun dibebaskan untuk berjalan-jalan di sekitar Jam gadang dan berbelanja oleh-oleh. Kami di beri waktu sekitar 3 jam. Setelah waktu habis, kami berkumpul kembali di bus masing-masing dan berangkat pulang menuju Duri. Ketika dalam perjalanan, kami menghabiskan waktu dengan bercerita dan bernyanyi ria. Ketika perjalanan ke Duri, kami singgah sebentar membeli sanjay di Payakumbuh. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Duri. Kami sampai di Duri pada pukul 02.30 malam. Kami pun kembali pulang menuju rumah masing-masing.

Rabu, 23 Januari 2019

Kegiatan manasik haji 2k19

Assalamu'alaikmu teman-teman bloggers!

Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan kegiatan manasik haji di sekolah saya pada tanggal 12 Januari 2019.

Acara manasik haji merupakan acara tahunan yang diadakan SMPS IT Mutiara. Pada acara terswbut seluruh siswa siswi SMP IT Mutiara berkumpul di lapangan Masjid Agung Ushuludin. Setelah melakukan beberapa kjali GR maka dilaksanakanlah acara Manasik Haji itu pada hari Sabtu. Setiap siswa sisiwi diwajibkan berkumpul di lapangan Masjid pada jam 07.30 pagi. Setelah berkumpul, para siswi akan masuk ke dalam aula Masjid dan berebaris berdasarkan kelas masing-masing. Untuk para siswa tetap berkumpul dan berbaris di lapangan aula Masjid.

Sambil berbaris siwa dan sisiwi diajak untuk melafadzkan talbiyah. Setelah beberapa menit, para siswa akan mel;aksanakan sholat sunnah dua raka'at sebelum melaksanakan manasik haji. FYI, setiap siwa dan siswi diperintahlan untuk menggunakan pakaian sesuai ketentuan haji sesungguhnya. Khusus untuk sholat sunnah hanya dilakukan oleh para siswa saja. Sete;ah me;aksanakan sholat sunnah, maka para siswa akan berangkat ke masjidil haram. Keberangkatan tersebut dilakukan bergantian per kloter (kelas), di mulai dari kloter para siswa terlebih dahulu. Sambil berjalan menuju masjidil haram, para siswa dan siswi melafadzkan talbiyah.

Ketika sampai di pinti masjidil haram, maka para siswa dan siswi membaca do'a khusu untuk memasuki masjidil haram. Lalu, setelahnya mereka akan berjalan menuju ka'bah maka akan membaca do'a melihat ka'bah.Setelah itu dilanjutkan dengan melaksanakan thawaf (mengelilingi ka'bah sebanyak 7 kali). Ketika melaksanak thawaf, para siswa dan siswi membaca do'a thawaf. Selanjutnya melaksanakan sa'i. Sebelum sampai di tempat sa'i, para siswa dan siswi menuju bukit safa terlebih dahulu dan membaca do'a. Baru kemudian melaksanakan sa'i. Setelah melaksanakan sa'i (berlari-lari kecil dari bukit shafa ke marwa sebanyak 7 kali). Selanjutnya, para suiswa dan siswi melakukan tahalul, yakni memotong beberapa helai rambut sebagai tanda  selesainya ibadah umrah.

Setelah melaksanakan umrah, para siswa dan siswi melaksanakan haji dengan diawali memeasang niat di hotel tempat menginap di muzdalifah. Selanjutnya dilanjutkan dengan wukuf di padang arafah. Di padang arafah kita berkumpul untuk melaksanakan sholat jamak ashar dan dzuhur serta mendengar khotbah arafah. Di padang Arafah, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir. Namun pada kenyataannya malah kebanyakan siswa dan siswi fokus utnutk mengisi tenaga dengan makan dan minum.

Setelah seluruh kegiatan di padang arafah selesai, maka dilanjutkan dengan melontar jumrah. Setelah itu kembali ke tempat awal, yakni masjidil haram. Para siswa dan siswi melakukan kegiatan seperti pada umrah. Dimulai dari memasuki do'a masuk masjidil haram sampai dengan tahalul. Kegiatan dilanjutkan dengan melontar jumroh kembali, yakni wustho, ula, dan aqabah. Setelah itu dilanjutkan dengan membayar dam karena melakukan beberapa pelanggaran. Pembayaran dam berupa penyembelihan hewan. Selanjutnya, kembali ke dekat tempat awal berkumpul untuk meminum air zam-zam. Kegiatan peragaan manasik haji pun selesai.

Dari kegiatan ini, kita mendapatkan banyak hikmah. Selain untuk mempraktekkan pelajaran tentang haji dan umrah, banyak kesan yang kita dapatkan. Salah satunya adalah, betapa luar biasanya Allah telah memerintahkan kita untuk melaksanakan haji. Untuk melaksanakan manasik saja sudah seluar biasa ini, apalagi kita melaksanakan haji yang sebenarnya. Semoga, kita semua segera mendapat panggilan untuk melaksanakan haji dan umrah serta menjadi orang-orang yang patuh terhadap perintah Allah SWT.

Terimkasih semau telah mengunjungi blog ini.
Wassalamu'alaikum wr.wb
_HN_

Selasa, 30 Oktober 2018

TURUN JABATAN

Asalamu'alaikum guys....
Nah, kembali lagi di postingan kali ini. Berhubung saya udah lama banget ngak nge-upload post baru jadi saya bakalan upload sesuatu yang beda dari sebelumnya. Kali ini saya bakalan cerita tentang kegiata di sekolah saya pada hari Senin, 1 Oktober 2018.
So, langsung aja ya guys.

Jadi, pada hari itu seluruh siswa dan siswi di suruh ngumpul ke aula. Oya, sebelum ngumpul beberapa hari yang lalu, tepatnya hari sabtu kemarinnya anak OSIS baru atau lama di suruh ngumpul untuk ngedekor aula. Which is untuk event hari Senin. Singkat cerita, setelah kitan gedekor aula yang sangat melelahkan tapi asik, kita diperbolehkan pulang.

Nah, besoknya, kita di suruh buat ngumoul di aula. Jadi, pas acara itu di undang beberapa orang tua wali murid. Sebenarnya orangtua saya juga turut diundang, tetapi karena pas hari tersebut orangtua sama-sama sibuk jadi gak bisa hadir.

Awalanya acara akan mulai, tetapi agak ngaret gitu. Dikarenakan beberapa hal, seperti mengumpulkan dan menertibkan siswa membutuhkan waktu yang cukup lama. Beberapa anggota OSIS lama ditugaskan untuk menertibkan siswa dan dibagi tugas perkelas. Setelah tertib acara pun dimulai. Setelah beberapa acara-acara penyambutan dan pembukaan, masuklah pada acara inti. Yaitu pelantikan OSIS baru. Setelah pelantikan OSIS ternyata juga ada pelantikan GDS baru dan DKPP. Nah, DKPP ini merupakan organisasi baru. Jadi, anggota OSIS senior yang udah turun jabatan bakal diangkat menjadi DKPP (Dewan Khusus Pengamat dan Penasehat). Jadi tugasnya adalah mengawasi dan memberi masukan untuk semua anggota OSIS.

Setelah acara pelantikan, ternyata dilanjutkan dengan acara pengumuman lomba Peringatan Tahun Baru Islam. Im so excited. Alhamdulilllahnya saya menang. Senen banget rasanya. Setelah acara pengumuman lomba, acara pun ditutup dengan pembacaan do'a yang di pimpin oleh Heikel. Disini ada kejadia yang lucu banget dan sedikit memalukan. Untungnya, yang mengetahuinnya hanya anak OSIS lama.

Oke, sekian dulu guys. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. BYe!
Assalamu'alaikum.

Minggu, 09 September 2018

Review Cerita

Review Cerita Wattpad

Assalamu'alaikum guys! Welcome back to my blog. Nah, kalia ini saya bakalan review beberapa cerita yang reccomended and woth it banget. Sebelum itu, saya mau kasih tau ke kalian semua bahwa  cerita di bawah ini hanya bisa kalian baca melalui aplikasi " Wattpad". So, kalian harus download dulu aplikasinya sebelum baca. Aplikasi ini bisa kalian download di Play Store atau App Strore. Seteleh itu, kalian harus buat akun kalian terlebih dahulu. Untuk membuat akunnya, kalian bisa inkuti langkah-langkah di aplikasinya dulu. Nah, Sekarang saatnya saya bakalan kasih tau ke kalian semua judul-judul cerita yang bagus banget.

1. The Purpose of Life by Alnira
    Menurut saya, cerita ini itu bagus BANGETT karena di dalamnya kita bisa banyak mendapat ilmu. Cerita ini menceritakan tentang Safa  anak yatim piatu yang tinggal dengan keluarga oom dan tantenya. Keluarganya om dan tantenya safa ini keluarga yang alim, berbeda dengan safa. Cerita ini sebenarnya tentang kisah hijrahnya safa dan kisah cintanya. Banyak pelajaran dan hadist-hdist dalam cerita ini. Sa;lah satu pelajaran yang paling ngena ke hati saya adalah tentang pertanyaan ini ; " Kenapa kita gak bisa lihat Allah?". Di dalam cerita ini kita bisa menemukan jawabannya. Jawaban yang sangat mudah dipahami dan masu ke logika. Dan salah satu alasan saya menyuakai cerita ini, karena cerita ini merupakan salah satu perantara hidayah saya. Cerita ini yang buat saya nangis berhari-hari. Pokoknya WORTH IT BANGETTTTTTTTTTT buat di baca.

Oya guys, sampai sini dulu ya blog kaili ini. In Syaa Allah bakalan saya lanjutin tentang review-review cerita yang lain. Good bye and see you!